Berikut adalah hal yang perlu diketahui oleh pembaca/pembeli
1. Bagaimana cara membeli produk asesoris?
Silahkan lihat Etalase Perhiasan untuk berbelanja lewat YukBisnis.com
atau
lewat BukaLapak.com/royalblue
2. Apa bedanya belanja di YukBisnis dengan BukaLapak?
Sebenarnya sama saja. Saya hanya ingin membuka alternatif karena sebagian orang mungkin lebih suka memakai layanan salah satunya. Keduanya memungkinkan pembayaran online langsung, tanpa perlu repot konfirmasi bolak-balik antara seller dan client. Keduanya juga memungkinkan Anda untuk merekomendasi layanan dari seller.
Namun untuk saat ini, belanja via YB memungkinkan Anda untuk belanja tanpa registrasi (membership). Metode ini cocok buat Anda yang malas daftar di sana-sini sementara tak yakin akan selalu berbelanja di situs tersebut. Saya tidak pernah coba, tapi sepertinya jika Anda bukan member, Anda tak bisa memberi rekomendasi terhadap toko langganan Anda.
3. Bagaimana cara pembayarannya?
Pada dasarnya Anda tinggal mengikuti prosedur yang diarahkan oleh YB ataupun BL. Yang pasti Anda harus punya rekening bank. Apapun nama bank Anda, tetap bisa melakukan transaksi. Jadi tidak harus sama dengan nama bank tempat saya memiliki rekening.
4. Apakah harga barang sudah termasuk ongkos kirim?
Tidak.
5. Apakah Anda melayani Cash on Delivery?
Tidak.
6. Bagaimana pengepakannya?
Biasanya saya mengepak dalam kotak karton berpelapis (biasa untuk hadiah) dan jika masih ada rongga di dalam kotak, saya isi dengan kapas atau kertas pengepakan. Untuk menghindari kerusakan dari air, asesoris saya masukkan dalam plastik dahulu sebelum masuk ke kotak. Kotaknya sendiri, jika tak ingin dipakai untuk menyimpan asesoris, masih berguna untuk menyimpan benda lain, karena kemasannya rapi dan cantik.
Jika diminta, saya akan mengganti kotak karton dengan kotak perhiasan yang terbuat dari plastik. Tidak ada biaya tambahan untuk pertukaran ini. Namun ketersediaan terbatas
7. Penundaan
Penundaan dan atau yang dapat menyebabkan pembatalan otomatis pada marketplace yang dipilih (YB atau BL), yang dilakukan oleh klien menjadi tanggung jawab klien. Dengan demikian Anda tidak bisa meminta ganti rugi atau menyalahkan saya jika barang yang diinginkan telah diambil klien lain.
Penundaan pengiriman karena major force (bencana alam) jika barang masih di tangan saya, maka saya tetap akan mengirim setelah situasi memungkinkan. Untuk ini, komunikasi dengan klien akan diperlukan, karena saya mungkin akan menge-set ulang halaman jual barang tersebut agar Anda bisa membeli ulang. Jika uang telah terlanjur terkirim sebelumnya, maka uang untuk pembelian yang lama akan saya kembalikan.
Penundaan yang dikarenakan kelalaian pihak kurir dan atau jika barang telah di tangan kurir kemudian terjadi bencana alam, maka penundaan itu bukan tanggung jawab saya melainkan kurir terkait.
8. Kerusakan
Kerusakan yang dikarenakan kelalaian pihak kurir atau disebabkan oleh bencana alam ketika dalam pengiriman, tidak menjadi tanggung jawab saya.
Sebelum barang dikirim, saya selalu melakukan cek ulang untuk memastikan barang tidak rusak.
Jika terjadi kerusakan setelah di tangan Anda, penukaran barang hanya mungkin terjadi jika Anda melapor dengan mengirim foto kerusakan dalam 1 (satu) hari setelah barang di tangan Anda. Ongkos pengembalian barang menjadi tanggungan Anda sementara ongkos pengiriman kembali dari saya adalah gratis.